Senin, 30 Mei 2011

Desaku Dulu

Desa Sumberagung terletak di propinsi Jawa Timur berbatasan dengan kota Blitar.Daerahnya dikelilingi perbukitan dan sawah sebagai ciri khas sebuah desa.
Dahulu bukit-bukit masih berupa hutan belantara yang ditumbuhi hutan jati. Bukit yang mengelilingi desa banyak ditemukan sumber mata air besar yang kemudian hari dijadikan sebuah nama desaku yaitu Sumber Agung yang artinya sumber mata air besar.



Masih teringat disalah satu bukit ada namanya "Kedung" yang bisa diartikan sendang atau tampungan sumber mata air,dijadikan tempat main anak-anak untuk mandi.
Suara riuh anak berteriak kegirangan bercampur suara gemuruh air yang jatuh dari tebing. Mereka berlompatan dari atas sambil jumpalitan terjun ke sendang.
Airnya jernih sekali, kanan kirinya ditumbuhi semak belukar dan tanaman jenis lumut.Udaranya masih segar dan sejuk. Air ini bermuara di sawah-sawah. Pada musim kemarau mata air tidak surut, dan tetap mengalir sampai sawah.

Menurut cerita orang desa  dulu sawah itu sebuah rawa yang memiliki kedalaman hampir 10m. Rawa ditumbuhi tanaman air yaitu bunga teratai. Daerah area rawa sangat luas sekali. Rawa terbagi menjadi wilayah 2 desa, namanya Rawa Ngremang.
Tempat ini dijadikan tempat wisata desa untuk memancing atau sekedar ingin melihat bunga teratai berbunga.
Sebuah keindahan alam yang masih terjaga keasriannya bisa menyatu dengan manusia.

Tidak ada komentar: